Basic Cornering: Ukuran Ban dan Velg

Nampaknya sering di tanyakan oleh banyak orang, ukuran ban yang sesuai dengan velg, tapi disini saya ingin menyampaikan yang lebih dari itu. semoga bisa membantu teman-teman ketika ingin mengganti ukuran velg dan atau ukuran ban.

Fungsi dari ban secara umum adalah sebagai alat tumpuan ketika kita berkendara. Mungkin seperti sepatu atau sandal di kaki kita. ukuran dan bentuknya akan mempengaruhi kenyamanan dan pengendalian (steering) sepeda motor yang kita kendarai. Pada sepeda motor terdiri dari 2 ban yaitu ban depan dan belakang. yang pada fungsinya kedua ban ini memiliki tugas yang berbeda beda, yaitu:

Ban depan

Bertugas sebagai pengendali dan pengatur arah sepeda motor, selain itu ban depan juga berfungsi sebagai tumpuan pengereman. Dengan tugas seperti itu ban depan di tuntut punya profil dengan side wall keras dan pendek untuk steering tetapi harus juga memiliki grip yang cukup untuk pengereman dan cornering. inilah sebabnya ban depan biasanya memiliki frofil yang tipis dibandingkan diameternya (misal 110/70 atau 120/60). Hal ini meminimalisir perubahan bentuk ban secara ekstrim karena side wall yang terlalu tinggi ketika steering. Biasanya juga ban depan memiliki tekanan yang lebih rendah agar tetap nyaman untuk di kendarai.

Ban Belakang

Sebagian besar beban ketika motor berjalan normal terlebih ketika motor ber akselerasi bertumpu pada ban belakang. ini mejadikan tugas ban belakang sebagai penyalur tenaga, sebagai peredam dan sebagai penahan beban. oleh sebab itu ban sepeda motor akan lebih besar pada bagian belakang karena tugasnya memiliki beban yang lebih berat. Selain itu side wall ban belakang biasanya memiliki profil yang lebih tinggi ( misalnya 120/80 atau 130/70). Hal ini di tujukan untuk menahan goncangan jalan sehingga kita tetap nyaman ketika berkendara. karena beban yang lebih berat juga bisasanya ban belakang di beri tekanan yang lebih besar. Jadi jangan sampai salah pilih. ban depan yang seharusnya rigid malah memakai profil ban belakang dengan profil tebal. atau sebaliknya ban belakang yang seharusnya memiliki profil tebal malah memaki profil ban depan yang tipis dan rigid. Sehingga malah membuat kenyaman berkendara berkurang.

Berikut adalah ukuran ban dan velg yang disarankan:

tire fits

Sebagai bahan referensi lain, di setiap produk ban biasanya dicantumkan ukuran ban dan velg yang sesuai. Sebagai contoh kita ambil dari website ban FDR

ukuran ban

Referensi ukuran ban dan velg, sorce web Bridgestone BT45

ukuran ban 2

22 thoughts on “Basic Cornering: Ukuran Ban dan Velg

  1. Pingback: bodybuilding online store

  2. Pingback: informática serviços

  3. Pingback: depannage electrique vincennes

  4. Pingback: steroid for sale online

  5. Pingback: zanaflex

  6. Pingback: plombier le blanc mesnil pas cher

  7. Pingback: emine uysal satliktir

  8. Pingback: electricien epinay sur seine urgence

  9. Pingback: http://www.recycletotes.comhere

  10. Pingback: european steroids

  11. Pingback: yucel bir yavsak sex

  12. Pingback: yeast infection no more

  13. Pingback: Noi luoc gio cha

  14. Pingback: Tu hap gio cha

  15. Pingback: Best Blog in India

  16. Pingback: India

  17. Pingback: Best in the World

  18. Pingback: dna wealth blueprint modules

  19. Pingback: angara fahise

  20. Pingback: Question Papers

  21. Pingback: angara fahise

  22. Pingback: winter vee opulence for life

Leave a Reply